Cara Sukses Menghadapi Ujian Nasional, Ini Tipsnya

Cara Sukses Menghadapi Ujian Nasional, Ini Tipsnya di Ruangbaca.id. Artikel tayang Maret 27, 2019 Dipost oleh admin in Pendidikan.

cara sukses menghadapi ujian nasional
cara sukses menghadapi ujian nasional

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)

Ruangbaca.id – Sudah punya cara sukses menghadapi ujian nasional? Apa BELUM? Hmm. Nih Ruang Baca punya tipsnya, cara menghadapi ujian nasional 2019/2020 dengan mudah.

Mengingat sebentar lagi Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia, baik tingkat SD, SMP, maupun SMA, maka dengan izin Allah, dan dengan segala keberanian yang saya miliki, saya beranikan diri menulis artikel ini, dengan harapan semoga bermanfaat.

Nah berikut ikhtiar yang bisa kawan-kawan semua lakukan, agar hati kawan-kawan bisa lebih mantap dan bisa lebih tenang sebelum maupun sesudah UN.

Cara Menghadapi Ujian Nasional 2019

Seperti yang kita ketahui, UJIAN NASIONAL DI DEPAN MATA? Berikut Ikhtiar Yang Bisa Kawan-Kawan Lakukan Sebelum Maupun Sesudah UN, Supaya Bisa Lebih Yakin.

1. Belajar Dengan Sungguh-Sungguh

Yap. Ini tentu menjadi hal pertama yang harus kawan-kawan lakukan sebelum ujian itu dimulai. Belajarlah dengan hati yang sungguh, dan juga ikhlas.

Sebab orang sepintar apapun, perlu belajar untuk memulai/menghadapi suatu hal yang baru.

Buka kembali semua pelajaran yang sudah dipelajari. Karena itu semua adalah modal yang kesekian yang harus kawan-kawan miliki, disamping niat dan tekad kawan-kawan yang besar.

2. Buatlah Rangkuman

Setelah kawan-kawan membuka kembali semua catatan tersebut, buatlah rangkuman sesingkat dan sesederhana mungkin.

Hal ini agar dapat memudahkan kawan-kawan dalam belajar. Ingat yaa. Buatlah rangkuman, bukan contekan. Hehe

3. Minta Restu Dan Do’a Dari Orangtua

Ini menjadi hal yang begitu penting dalam setiap urusan yang akan kawan-kawan hadapi. Mintalah restu dan do’a dari orangtua kawan-kawan.

Agar semunya berjalan atas ridho mereka. Yaa meskipun tanpa diminta, orangtua pasti akan memberikan restu dan do’a atas setiap urusan anak-anaknya selagi itu baik.

 Tapi setidaknya, meskipun kita tahu akan hal itu, tetap, harus ada tindakan yang harus dilakukan agar restu itu benar-benar mengalir dalam setiap derap langkah kita.

Entah dengan cara apapun, mintalah restu dari keduanya. Dulu sih, sewaktu penulis akan menghadapi UN SMP, ada berita-berita yang menayangkan tindakan anak-anak sebelum UN.

Ada yang mencuci kaki orangtua nya, dan banyak lagi. Yaa tergantung kawan-kawan mau meminta restu dengan cara apa.

4.Berdo’a Sebelum Mengerjakan Soal

Yap. Berdo’a itu penting. Karena kita bermunajat kepada Pemilik Segalanya, agar dimudahkan. Tidak ada yang bisa memudahkan dan melancarkan semuanya, kecuali atas kehendak Sang Pencipta.

Berdo’a saja. Entah minta dilancarkan, dipermudahkan, atau diberi nilai yang terbaik sekalipun.

Agar lebih yakin, penulis mau sedikit kasih tips. Cobalah bersholawat ketika hendak mengisi jawaban. Sesudah mengisi jawaban, bersholawat lagi. Sholawatnya yang pendek saja.

 اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ dibaca 3 kali sebelum maupun sesudah mengisi jawaban. Mungkin ini terlihat sedikit ribet, tapi apa salahnya melakukan hal kecil yang bisa berdampak besar nantinya. Hehe

Jadi, setiap kawan-kawan mau membulatkan jawaban dari soal tersebut, baca sholawat itu 3 kali. Setelah mengisi jawaban pun, baca kembali 3 kali. Manfaatnya apa? Biar kawan-kawan sendiri yang merasakan nantinya hehe.

Jika Ujian Nasional sudah kawan-kawan lewai, ikhtiar selanjutnya yang harus kawa-kawan lakukan adalah berserah diri. Setelah kawan-kawan berusaha sekeras mungkin, maka kawan-kawan harus berpasrah seikhlas mungkin.

Berapapun nanti hasil yang kawan-kawan terima, itu adalah balasan dari usaha kawan-kawan selama ini. Dan itu adalah yang terbaik bagi kawan-kawan.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Ngantuk Berat di Dalam Kelas

Yap, sekian beberapa ikhtiar yang bisa saya bagikan kepada kawan-kawan semua yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional.

Harapan saya, semoga Allah memperlancar semuanya, dan memberikan nilai terbaik kepada kawan-kawan. Aamiin. Sebelum saya sudahi artikel ini, ada sedikit kalimat yang ingin saya bagikan kepada kawan-kawan semua.

“Nilai yang tertera di ijazah itu bukan penentu sukses atau tidaknya kalian semua dimasa yang akan datang. Yang mendapat nilai jelek, bukan berarti tidak berhak mempunyai masa depan yang cerah.

Banyak dari kita semua yang merasa kecewa ketika merasa sudah berusaha mati-matian, tapi hasil yang didapat tidak sesuia dengan harapan.

Kita harus ingat, bahwa semua sudah dengan porsinya masing-masing. Maka sukses atau tidaknya kita dimasa depan adalah kerja keras kita saat kehidupan yang sebenarnya itu dimulai.”

Jadi nanti, berapapun nilai yang kawan-kawan dapatkan, percayalah, itu adalah yang terbaik.

Baca Juga: Cara Menjadi Juara Kelas, Kayak Mana? Ikuti Tips Berikut

Sekian yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat. Semangat yaa !!!

Salam…

(Kontributor Ruang Baca – Heru).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *