Cara Menjadi Juara Kelas, Kayak Mana? Ikuti Tips Berikut

Cara Menjadi Juara Kelas, Kayak Mana? Ikuti Tips Berikut di Ruangbaca.id. Artikel tayang Februari 22, 2019 Dipost oleh Widya Alfalah in Pendidikan.

Cara Menjadi Juara Kelas
Cara Menjadi Juara Kelas

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)

Ruangbaca.id – Cara Menjadi Juara Kelas? Tentu itu hal yang sederhana. Ada banyak strategi juara kelas yang bisa kita gunakan? Agar kita bisa mengalahkan orang pintar di kelas, dan kita menjadi juara 1 di kelas.

Namun, ada hal yang harus kita ketahui nih? Bahwasannya, Jadi juara kelas bukan suatu keharusan. Tapi, kalau kamu jadi juara kelas, orang tuamu pasti lebih bangga, kan?

Selain itu, jadi juara kelas juga bisa membuatmu lebih mudah masuk perguruan tinggi yang kamu mau.

Atau, kalau kamu sekarang masih duduk di bangku SD dan SMP, itu bisa jadi bekal yang mantap untuk kamu lanjutkan pendidikan ke sekolah favorit selanjutnya.

Dan yang gak kalah penting, kamu bisa banget dapet perhatiannya doi karena kamu dikenal sebagai juara kelas alias orang yang pintar. Hehe *bercanda..

Cara Mudah Menjadi Juara Kelas

Cara Menjadi Juara Kelas
Cara Menjadi Juara Kelas

Kayak Mana Jadi Juara 1 di Kelas? Mungkin selama ini, kamu sudah pengin banget jadi juara. Tapi sayangnya, kamu belum tau cara menjadi juara kelas itu bagaimana? Kamu, belum menemukan metode yang pas.

Nah, kebetulan banget saat SD hingga SMA saya selalu masuk tiga besar peringkat kelas. Bukan bermaksud sombong, saya sampaikan ini dengan tujuan agar kamu termotivasi.

Selain memotivasi, saya juga ingin berbagi tips jadi juara kelas buat kamu, Sobat Ruang Baca. Tips yang akan saya sampaikan ini, brdasarkan pengalaman pribadi loh! Menarik, kan? Simak sampai akhir dan jadilah juara di kelasmu!

Ini dia tips jadi juara kelas yang akan worksbanget untukmu. Dibaca dan dipraktekkan ya cara menjadi juara kelas dengan mudah berikut ini, Sobat. ^_^

1. Niat

Niat ini penting banget sih, karena niatlah yang kemudian akan buat kamu gak berhenti berjuang meski kadang merasa lelah.

Kamu harus punya niat yang kuat tuk jadi juara kelas. Kalau sudah gak niat, rasanya mustahil kamu bisa jadi juara kelas.

Sebenarnya, niat ini gak hanya berlaku untuk jadi juara kelas ya. Tapi untuk raih apa pun kamu harus punya niat. Niat yang kuat pastinya.

Niat yang berasal dari dalam diri kamu sendiri. Bukan orang lain. Karena kalau berasal dari orang lain, bakal gampang banget goyahnya.

Karena secara gak langsung kamu sudah menggantungkan hidupmu ke orang lain. Jangan begitu ya.

2. Target

Kamu harus punya target tuk jadi juara kelas. Target bersarmu adalah jadi juara kelas dan dari target besar ini, targetmu kamu pecah-pecah lagi.

Jadi target-target yang lebih kecil. Misal, target mingguan, target bulanan, dan target nilai disetiap mata pelajaran.

Ditarget mingguan dan bulanan, kamu buat apa-apa saja materi yang sudah harus kamu kuasai dalam jangka waktu sepekan atau sebulan.

Target buku yang harus kamu baca, soal-soal yang harus kamu coba selesaikan, dan sebagainya. Nah, untuk target nilai setiap mata pelajaran kamu harus punya ya, Sobat.

Misal target nilai akhir mata pelajaran di raport, target nilai ujian, target nilai tugas, dan sebagainya. Semakin terperinci targetmu, akan semakin baik.  Semangat buat target, dan semangat menggapai target ya! ^^

3. Rajin Belajar

Wah, ini nampaknya klise banget ya. Tapi inilah kuncinya. Pernah dengar ungkapan ini? Sukses itu 1% bakat 99% usaha. Begitupun tuk jadi juara kelas, kamu harus usaha. Usaha semaksimal yang kamu bisa.

Dalam hal ini, usaha maksimal dalam belajar. Belajar yang rajin. Nah, rajin belajar bukan berarti kamu harus belajar setiap waktu dan mengabaikan kegiatanmu yang lain.

Kamu, hanya perlu memperhatikan guru yang sedang menjelaskan materi di kelas.  Fokus perhatikan jangan main-main. Selain itu, kamu juga perlu mengulas apa yang sudah kamu pelajari di rumah.

Tak perlu lama-lama, satu sampai dua jam sehari saja, sudah mampu buat kamu jadi lebih cemerlang dari sebelumnya.

Ingat ya, perhatikan guru yang sedang mengajar dengan saksama setiap hari dan mengulas pelajaran di rumah setiap hari. Tidak lama namun rutin itu lebih baik daripada lama namun hanya sekali dua kali.

4. Aktif Dikelas

Aktif  yang saya maksud, bukan berlari kesana-sini lalu buat kegaduhan ya. Hehe. Aktif dikelas yang saya maksud adalah kamu berperan aktif dalam proses belajar.

Rajin-rajin menjawab pertanyaan guru, rajin bertanya jika tidak mengerti, aktif dalam proses diskusi dan sebagainya.

Jangan malu untuk aktif dalam hal-hal baik. Karena keaktifanmu inilah yang nantinya akan buat kamu jadi lebih dikenal oleh guru.

Nah, kalau sudah dikenal guru, kamu akan semakin dekat deh dengan target besarmu jadi juara kelas. Hehe

5. Strategi Juara 1 di Kelas

Yaps! Selanjutnya adalah strategi. Kamu harus punya strategi. Strategi di sini lebih kepada kamu mengenali kemampuan dan kekurangmampuan dirimu.

Misal, kamu jago matematika, fisika, kimia, tapi kamu kurang jago bahasa inggris dan bahasa indonesia.

Maka, fokus utamamu adalah memperbesar nilai matematika, fisika, kimia, nilai bahasa inggris dan Bahasa Indonesia juga kamu usahakan besar, tapi kamu harus lebih fokus memperbesar nilai dimana kamu lebih mampu di mata pelajaran itu.

Paham yaaa. Jadi, meski dimata pelajaran bahasa inggris dan bahasa indonesia nilaimu tidak begitu melambung tinggi, masih bisa ditutupi dengan nilaimu yang lain.

5. Berdoa

Tips yang terakhir adalah berdoa, karena meski kamu sudah usaha sekeras apa pun, kalau Tuhan gak berkehendak, kamu bisa apa? Ada banyak contoh yang bisa kita cari, doa agar menjadi juara kelas.

Nah, makanya berdoa kepada Tuhan agar kamu bnar-benar dijadikan juara kelas. Jadi juara kelas tuk masa depan yang lebih baik dan tuk cipta senyum di wajah kedua ortang tuamu. Yeeeey!

Sobat Ruang Baca, itu saja tips dari saya. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan yaaa. Karena meski kamu baca beribu-ribu artikel tuk jadi juara kelas tapi kamu gak pernah praktekkan apa yang kamu baca itu ya percuma.

Kamu, akan tetap tidak jadi juara kelas. Saya percaya, yang baca artikel ini adalah pelajar kece yang akan mempraktekkannya dan benar-benar jadi juara kelas.

Baca Juga: Pulau Pisang Pesisir Barat, Pulau Lampung Penuh Pesona

Nah itulah cara menjadi juara kelas yang bisa kamu coba. Bagaimana, cukup sederhanakan. Terus berusaha ya. Sukses untukmu. Ayo motivasi untuk menjadi juara kelas. (Widya Al Falah)

5 Responses for Cara Menjadi Juara Kelas, Kayak Mana? Ikuti Tips Berikut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *