7 Cara Menghilangkan Ngantuk Berat di Dalam Kelas

7 Cara Menghilangkan Ngantuk Berat di Dalam Kelas di Ruangbaca.id. Artikel tayang Maret 12, 2019 Dipost oleh Widya Alfalah in Pendidikan.

Cara Menghilangkan Ngantuk Berat
Cara Menghilangkan Ngantuk Berat

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)

Ruangbaca.id – Cara Menghilangkan Ngantuk Berat.  Saat belajar di kelas, ngantuk adalah hal yang paling sering terjadi. Ketika ngantuk, sudah jelas kamu susah untuk fokus.

Susah fokus akan berimbas pada kemampuan memahami mata pelajaran dan akhirnya berimbas pada nilai-nilai ujian. Berimbas pada prestasi akademik.

Ngantuk nampaknya adalah hal yang sederhana, tapi jika tidak ditangani, kamu akan terlalu sering mengantuk di kelas.

Tentu, kamu tidak mau dong terus-menerus jadi siswa tukang ngantuk dan akhirnya jadi siswa dengan prestasi akademik yang minim atau bahkan buruk? Tenang, ruangbaca.id selalu datang dengan solusi.

Nah, kali ini ruangbaca.id akan memberikan 7 tips ampuh yang akan buat kamu jadi siswa yang bisa fokus alias tidak ngantukan di kelas.

Cara Menghilangkan Ngantuk di Kelas

Simak baik-baik ya!

1. Pastikan Sebelum Ke Sekolah, Kamu Mandi Terlebih Dulu

Cara menghilangkan ngantuk berat di kelas pertama, kamu percaya kalau ada yang berangkat ke sekolah tanpa mandi terlebih dulu? Entah karena terburu-buru, bangun kesiangan, takut terlambat, dan sebagainya.

Yang jelas, tidak mandi sudah membuktikan bahwa kamu berangkat ke sekolah dengan kondisi yang tidak bugar. Kondisi yang tidak bugar, akan mudah sekali membuat ngantuk.

Jadi, untuk meminimalisir rasa ngantuk saat belajar di kelas, pastikan kamu mandi terlebih dulu sebelum berangkat ke sekolah.

2. Istirahat yang Cukup

Jika kamu kurang tidur, tentu itu akan jadi faktor pemicu yang besar, faktor yang buat kamu jadi lebih mudah mengantuk.

Jika kamu sering lembur sementara esok harinya kamu harus belajar di sekolah, rasanya kamu harus belajar mengelola waktu tidurmu.

Sebab, jika dibiarkan terlalu lama, kurang istirahat bukan hanya akan berdampak pada kemampuan konsentrasimu di kelas. Tapi juga berdampak bagi kesehatan. Kamu, tentu ingin jadi pribadi yang sehat jasmani dan rohani, kan?

3. Sarapan dan Makan Siang

Kekurangan energi tentu akan buat jadi lebih mudah ngantuk. Nah, energi itu didapatkan dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuhmu.

Jadi, pastikan kamu sarapan dan makan siang ya. Agar lebih bugar dan lebih mudah menerima pelajaran-pelajaran.

4. Duduk di Depan

Pernah dengar kalimat ini? Posisi duduk, menentukan prestasi. Apa kamu sepakat? Sebenarnya, kalimat ini ada benarnya kok.

Kalau dalam proses belajar di dalam kelas kamu duduk di depan, otomatis kamu akan lebih mudah dipantau oleh guru.

Secara tidak langsung, itu akan buat kamu lebih memperhatikan guru yang sedang menjelaskan. Selain itu, kamu juga jadi bisa lebih memperhatikan dibanding jarak yang jauh.

Angka-angka, tulisan-tulisan yang ada di papan tulis, atau layar LCD, akan lebih mudah dibaca, sehingga matamu tidak berusaha terlalu keras untuk melihat dan jadi lebih mudah fokus juga mengurangi kantuk.

5. Makan Permen

Nah, untuk tips yang satu ini kamu harus sedikit hati-hati ya. Sebab, tidak semua guru memperbolehkan makan permen di kelas.

Tapi, kemungkinan ketahuannya kecil kok. Memakan permen saat belajar memang bisa meminimalisir kantuk, karena dengan mengunyah permen, mulutmu akan bergerak.

Pergerakan yang mulutmu lakukan bisa mengurangi kantuk loh. Selain itu, rasa manis permen memang mampu membuat matamu yang dilanda kantuk jadi lebih terbuka.

6. Minum Air Putih

Meminum air putih benar-benar mujarab untuk meminimalisir kantuk loh. Kamu tentu sudah tahu dong kalau air putih punya manfaat yang begitu banyak bagi tubuh.

Air putih berfungsi untuk menyuplai oksigen ke dalam otak yang bisa buat rasa ngantuk hilang dan kamu bisa terus terjaga sampai akhir pembelajaran. Yeay!

7. Gerakkan Anggota Badan

Menggerakkan anggota badan saat sedang menerima mata pelajaran tentu bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa menggerakkan tangan, kaki, kepala.

Lakukanlah gerakan-gerakan yang tidak membuat keributan ya. Karena, kalau buat keributan kamu bisa diusir oleh guru. Hehe.

Menggerakkan anggota badan sedikit banyak bisa mengurangi kantuk. Karena salah satu penyebab kantuk adalah tubuh yang kurang gerak. Jadi, ayo gerakkan tubuhmu dan kurangi bahkan usir kantukmu.

Baca : Cara Menjadi Juara Kelas, Kayak Mana? Ikuti Tips Berikut

Semoga setelah membaca tips ini kamu jadi siswa yang tidak ngantukan lagi di kelas ya. Dengan begitu, kamu bisa jadi siswa yang lebih fokus belajar di kelas dan jadi lebih berprestasi. Aamiin.

Semangat! Kamu membaca artikel ini adalah tanda bahwa kamu punya niat untuk jadi lebih baik. Ruangbaca.id percaya bahwa kamu bisa.

Jadi siswa berprestasi. Aamiin.

One Response for 7 Cara Menghilangkan Ngantuk Berat di Dalam Kelas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *